Keputusan untuk menyewa tempat untuk kantor atau kegiatan usaha tidak mudah sama rumitnya dengan membeli. Karena keputusan yang salah dapat menimbulkan kerugian moril dan materil di kemudian hari. Sebaliknya keputusan yang tepat dapat menghantar usaha Anda menuju sukses.
Faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan adalah faktor lokasi dan harga sewa/beli. Dari segi lokasi, tidak hanya posisi 'strategis secara pemasaran' yang menjadi pertimbangan tapi banyak juga yang mempertimbangkan masalah 'feng shui', nomor jalan, posisi/letak tempat dan lain-lain.Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi adalah:
Kegiatan Usaha
Pemilihan lokasi sangat tergantung pada kegiatan usaha Anda. Kebutuhan lokasi untuk bisnis eceran akan jauh berbeda dengan bisnis rumahan atau usaha industri.Kriteria untuk kegiatan usaha yang melibatkan produksi, pergudangan, dan industri adalah:
- kemungkinan perluasan di masa depan
- mudah dicapai oleh karyawan produksi
- tenaga kerja yang mudah tersedia dari sekitar lokasi
- pengadaan listrik dan air yang lancar
- kemudahan sistem pengangkutan dan pengiriman
Populasi
Apakah produk atau jasa yang akan Anda pasarkan memerlukan lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen? Jika iya maka Anda harus mencari lokasi dimana konsumen mudah mendapatkan produk/jasa Anda, jumlah populasi yang cukup untuk menjamin tingkat penjualan yang tinggi, serta daya beli rata-rata konsumen di lokasi tersebut.Jika fungsi kegiatan usaha Anda adalah proses produksi atau pabrik maka faktor populasi tidak begitu penting karena Andalah yang akan mendistribusikan produk tersebut ke tangan konsumen.
Arus lintas konsumen
Arus lintas konsumen umumnya menjadi pertimbangan penting jika Anda membuka toko atau kios di kompleks pertokoan. Jika toko Anda tidak banyak dilewati pengunjung atau konsumen maka akan sulit untuk meningkatkan penjualan. Atau jika lokasi usaha Anda terletak di jalan yang sukar dicari karena tempatnya tidak strategis.Generator (Jangkar)
Generator (jangkar) atau anchor tenant adalah unit usaha skala besar yang sudah sukses di pasar, memiliki pelanggan setia dan selalu mampu menarik pengunjung ke dalam pusat perbelanjaan, seperti Matahari, McDonald, Hero Supermarket dan lain-lain. Sebelum Anda memutuskan pusat perbelanjaan mana yang akan Anda masuki periksa dulu generator mana yang sudah ada di pusat perbelanjaan tersebut. Lebih dekat bisnis Anda menjadi generator, biasanya lebih baik untuk bisnis Anda.Area parkir
Apakah fasilitas parkir di pusat pertokoan tempat Anda berlokasi cukup memadai? Bagaimana tingkat keamanannya? Mahalkah biaya parkirnya? Bagaimana penerangannya di waktu malam? Jika usaha Anda terletak di tepi jalan raya, hindari jalan dengan garis pembagi jalan atau lalu lintas satu arah. Konsumen lebih menyukai toko dimana tempat parkir terletak di depan. Pastikan petugas parkir melayani dengan ramah setiap konsumen yang berusaha mencari parkir.Lokasi pesaing
Apakah lokasi pesaing di sekitar Anda menguntungkan Anda atau justru merugikan Anda? Ketahui dimana para pesaing Anda berlokasi. Anda bisa mengetahui nama dan alamat mereka dari Halaman Kuning. Cari tahu apa yang persaingan Anda sedang lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.Reputasi lokasi
Beberapa lokasi memiliki reputasi yang bagus misalnya lokasi tertentu yang selalu mendatangkan keuntungan bagi siapa pun yang membuka usaha di wilayah itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar