Jumat, 08 Oktober 2010

Jenis-jenis Kabel Dengan Kisaran Harga

Mengenal lebih dekat dengan jenis-jenis kabel dalam system instalasi audio kendaraan
Sebuah kabel dalam system car audio layaknya urat yang mengalirkan darah di seluruh tubuh manusia. Begitu pula dalam sebuah system car stereo. Di dalam dunia car stereo itu sendiri, ada beberapa jenis kabel yang biasa ditemui dalam sebuah system car stereo. Jenis kabel-kabel itu sendiri dari kabel setrum, kabel RCA serta kabel speaker. Biasanya bila OS mania ingin menginstall kendaraan di workshop instalasi car audio, sang instalatur akan memilihkan kabel-kabel yang nantinya akan dikoneksikan dengan perangkat system di dalam kendaraan tentunya dengan budget yang tersedia.
Namun bila OS mania ingin mencoba mengetahui atau ingin menginstall pribadi kendaraan anda dengan memilih kabel yang sesuai, ada baiknya OS mania mengetahui jenis kabel seperti yang digunakan serta kisaran harga sesuai dengan kebutuhan anda.
Jenis kabel dan kisaran harganya
Adapun jenis kabel yang dibutuhkan untuk kendaraan OS mania adalah tergantung dengan budget yang kita punya. Harga kabel dipengaruhi dengan ukuran dan kualitas bahan itu sendiri. Bila kualitas bahan tersebut bagus, tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas hasil suaranya. Berikut ini ada beberapa jenis kabel dan kisaran harganya masing-masing.
Kabel Setrum
Kabel setrum merupakan kabel penghantar listrik dari accu menuju amplifier atau power sehingga instalasi dapat menyala. Untuk lebih jelasnya kabel setrum ini mengalirkan arus DC ke amplifier dengan daya yang besar. Biasanya kabel DC selalui disesuaikan dengan kebutuhan sistem di dalam mobil. Untuk setiap konsep SPL, SQ, SQL sehingga car theater membutuhkan kabel dengan ukuran yang tidak sama. Kabel setrum yang biasa dipakai paling kecil dari 8 AWG memiliki kisaran harga dari 35 ribu rupiah sampai dengan 250 ribu rupiah permeter. Sedangkan untuk kabel ukuran kabel 4 AWG kisarannya antara 60 ribu rupiah  sampai 300 ribu rupiah lebih permeternya. Selanjutnya untuk ukuran 2 AWG kisaran harga antara 150 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah per meter. Sedangkan untuk 1 AWG ,1/0 AWG dan yang paling besar sekarang 0 AWG, harganya minimal bisa mencapai 500 ribuan per meter.
Kabel RCA
Selanjutnya adalah kabel interconnect atau yang biasa disebut kabel RCA. Kabel ini  mampu menghadirkan signal suara, yakni saluran dari head unit ke amplifier. Kabel RCA juga bisa dibilang kabel yang sangat sensitif, sebagian orang menilai kabel ini mampu mempengaruhi hasil suara dalam sebuah sistem.

Kabel RCA memiliki banyak jenis yang berbeda. Dari yang model yang biasa dijumpai, sampai dengan beberapa karakter kabel RCA lainnya seperti : shielded, double shielded, twisted pair, separate grounding serta triple shielded. Kabel RCA juga sangat menentukan suara karena membawa karakter masing-masing kabel tersebut. Harga kisarannya dimulai dari harga puluhan ribu rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Kabel RCA juga tersedia dan dijual single, namun OS mania harus menyolder sendiri kepala RCA-nya. Harga biasanya lebih dari 1 juta rupiah untuk ukuran 5 meter. Kepala RCA yang baik juga cukup mahal, mulai dari 100 ribu per pieces sampai dengan jutaan per piece.
Kabel Speaker
Kabel speaker biasanya  bekerja dengan menghantarkan signal suara dari amplifier ke speaker. Kabel ini lebih kecil dari interconnect. Kabel speaker mamiliki kategori yang tidak jauh berbeda, yakni kabel subwoofer hanya saja biasanya kabel subwoofer memiliki ukuran lebih besar dari ada kabel speaker. Untuk harganya terdiri dari yang biasa kita temui yaitu kabel dengan ukuran 16 AWG, 14 AWG dan 12 AWG.
Kabel speaker banyak menentukan suara. Kabel speaker sendiri banyak konfigurasinya seperti straight parallel serta twisted pair atau dikepang. Kabel speaker di pasaran sangat banyak kriterianya sama seperti diatas, namun cara memilihnya harus lebih teliti karena karakter kabel speaker ikut menentukan suara atau hasil akhir. Tersedia yang bawa bright, soft serta doft. Harga yang termurah mungkin dari 10 ribu per meter, sedangkan yang termahal bisa mencapai jutaan per meternya.
Teks. fadli  Foto. DOk. OS
Sumber: OTOSTEREO 68, October 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar