Jumat, 08 Oktober 2010

Buat Yogurt Sambil Bermain

Oleh Neli Triana dan Ratih P Sudarsono
Sehari dua kali perah susu, pukul 08.00 dan 15.00. Susu hasil perahan sendiri kemudian diolah menjadi yogurt.
Anak-anak memasak? Mengapa tidak. Sekarang banyak tempat wisata yang mengajak anak berkelana merasakan menjadi apa saja, termasuk enaknya menjadi koki. Selain mengenal bermacam- macam kudapan sehat dan bahan-bahan pembuatnya, anak menjadi lebih bisa menghargai makanan yang mereka makan.
Wisata unik ini bisa dinikmati, antara lain, di Taman Budaya Sentul City dan Agripark IPB di Kota Bogor. Pilihan menarik lain, terutama untuk mengenal pertanian tradisional, yaitu Kampung Wisata Cinangneng di Kabupaten Bogor.
Sesuai namanya, Agripark IPB memang dikelola PT Bogor Life Science and Technology menginduk pada Institut Pertanian Bogor. Agripark IPB berlokasi di Taman Kencana Sempur di tengah kota.
Direktur PT Bogor Life Science and Technology Herry Nugraha mengatakan, Agripark sengaja dirancang sebagai kawasan wisata berbasis pertanian yang terdiri dari dua bagian, yakni Agrifun dan Agricafe. Boleh dikata Agrifun adalah miniatur IPB. Di wahana ini ada fasilitas milik Fakultas Pertanian, Peternakan, Kedokteran Hewan, dan Teknologi Pangan.
Di sini, anak-anak bebas bermain di kandang kambing dan memberi minum susu anak- anak kambing dengan botol dot atau justru memerah susu sapi sendiri.
”Sehari dua kali perah susu, pukul 08.00 dan 15.00. Susu hasil perahan sendiri kemudian diolah menjadi yogurt,” kata Pristi, penyelia kegiatan di Agrifun.
Setelah memerah susu, anak- anak digiring ke laboratorium mini teknologi pangan. Di situlah anak-anak mengolah susu murni menjadi yogurt untuk dinikmati di tempat atau dibawa pulang.
Di setiap kegiatan, selalu ada pemandu yang menemani anak- anak. Aisyah (4), misalnya, sulit mengerti bahwa tumbuhan ternyata memasak makanannya agar bisa berkembang. Pristi kemudian mengenalkan bagaimana sebuah pohon tumbuh dan kegunaannya serta cara menanam pohon. Bibit pohon yang dipakai adalah bibit sayuran, seperti cabai dan tomat. Untuk oleh-oleh, Aisyah boleh membawa pulang bibit tanaman biar bisa praktik menanam sendiri.
Si kecil Aisyah makin kegirangan karena di taman wisata ini, ia bisa ikut-ikutan menjadi dokter hewan di klinik hewan. Di klinik ini, anak-anak akan diperkenalkan kepada dokter hewan yang mengobati dan merawat hewan piaraan, seperti kucing, anjing, kelinci, dan ular.
Untuk bisa merasakan semua pengalaman menarik itu, orangtua bisa memesan sebelum datang. Tersedia paket sekali datang maupun paket empat kali pertemuan. Biaya per anak Rp 35.000-Rp 120.000.
Kalau mendadak datang, bayar saja Rp 10.000 per anak dan manfaatkan aneka permainan luar ruang yang menantang, seperti flying fox. Taman bermain outbond ini berdampingan dengan Agricafe, tempat semua keluarga dan teman bisa duduk santai menyantap aneka makanan khas Bogor maupun menu-menu barat. Jaminan menggoda yang ditawarkan pengelola kafe, bahan makanan yang dipakai sebagian besar hasil olahan mahasiswa IPB maupun usaha kecil yang dibina IPB. Dijamin sehat dan segar.
Koki cilik
Jika Agripark menawarkan fasilitas lengkap tetapi sederhana, Taman Budaya Sentul City mengemas paket-paket wisata anak dan keluarga secara berkelas, tetapi harga tetap terjangkau.
Menurut Kezia Agustina Pariury, pengelola Taman Budaya Sentul City, dengan membayar Rp 1,5 juta, orangtua dan dua anak sudah bisa menghabiskan sehari semalam berwisata di sini.
”Itu sudah menginap di guest house, layanan spa untuk orangtua, program bermain anak, seperti kelas memasak dan kegiatan outdoor,” kata Kezia.
Mencapai Taman Budaya ini mudah saja, dari Jakarta langsung saja masuk jalan tol menuju Bogor. Keluar di pintu Tol Sentul Selatan atau yang sekarang bernama Sentul City. Ikuti petunjuk arah atau bertanya kepada penjaga keamanan setempat, pasti sampai ke tempat yang ditata apik dan hijau itu.
Meskipun dari luar terlihat sempit, Taman Budaya memiliki segudang fasilitas menarik. Secara umum, ada empat kategori, yaitu adventure center, green center, culture center, dan facility center.
Tersedia fasilitas belajar membatik, membuat keramik, sampai melukis kaus, payung, dan layang-layang. Mau memilih ekowisata tur ke hutan pinus, air terjun, atau susur sungai di Gunung Pancar boleh. Fasilitas outbond jelas lengkap. Namun, kalau mau menjadi koki cilik ditemani chef profesional, boleh juga.
”Kenapa keju penting bagi tubuh. Kalsium, itu apa? Ini dijelaskan chef kami sambil mengajari anak membuat makanan sehat,” kata Kezia.
Di Taman Budaya ini, orangtua dan anak punya tempat sendiri-sendiri untuk bersantai. Tunggu apalagi, yuk meluncur.

Kisah Raja dan Koki Istana

Syadan di suatu negeri tinggallah seorang raja yang mempunyai koki yang bijaksana. Suatu ketika sang raja meminta koki untuk memasak makanan yang paling enak sedunia. Sang kokipun memasak pesanan sang raja. Masakan pun siap dihidangkan dan sang raja puas dengan hasil kerja dari sang koki. Apakah gerangan yang dimasak sang koki? Ternyata lidah sapi…
Di hari yang lain sang raja meminta sang koki untuk memasak masakan paling tidak enak sedunia. Sang kokipun kembali melakukan tugasnya dengan baik. sang raja langsung muntah ketika mencicipi masakan sang koki. Apakah gerangan yang dimasak sang koki? Lagi-lagi lidah sapi…
Sang rajapun bertanya, “Wahai koki yang bijaksana, mengapa ketika aku minta masakan yang paling enak sedunia engkau membuatkannya dari lidah sapi yang persis sama ketika aku meminta engkau memasak masakan yang paling tidak enak sedunia?”
Sang Koki menjawab, “Lidah adalah sesuatu yang amat manis, ya raja… Dengannya dunia akan damai, keluarga akan bahagia, dan masyarakat hidup sejahtera. Tetapi wahai raja…terkadang lidah juga menjadi suatu hal yang sangat pahit. Pertengkaran kerap terjadi karenanya, darah tidak jarang tertumpah karenanya, dan terkadang keluargapun menjadi retak karenanya. Oleh karena itu saya sengaja memasak lidah sapi untuk masakan paling enak sedunia dan makanan paling tidak enak sedunia, dengan harapan kita dapat mengambil pelajaran darinya…”

Kokinya Satu Masakannya Banyak

Namanya tukang makan, maka dimanapun berada urusan tenggorokan selalu diutamakan. Tidak terkecuali di unit (rig) terapung. Tentu saja dalam hal ini saya banyak nggelibet mengobrol dengan mereka. Dengan satu catatan bahwa dapur tidak boleh dimasuki selain petugas.
kokiGordon adalah koki yang bertugas cukup lama bekerja disini. Dalam gambar ini dia sendirian bertugas menyiapkan masakan untuk hampir seratus orang.  Kadang ia ditemani seorang asisten yang bertugas mengambil piring, gelas, sendok, garpu dari mesin cuci. Selebihnya dia adalah "one man show."
Seharusnya sebagai jurumasak dia harus pakai topi, tetapi karena tahu akan difoto maka "stupid-cap" alias topi putihnya dilepas. Seperti diketahui Koki saat bekerja diharuskan memakai topi, maksudnya agar kalau sang koki keringatan tidak menetes dan kalau bulunya helai demi helai rontok, apalagi pakai sindap (ketombe) tidak masuk kedalam masakan.
Ruang Kerja
Ini ruang kerja sang koki. Mulai dari potong kentang, wortel, sayuran sampai membuat pastry dilakukan ditempat ini. Musik keras selalu menyertainya ketika mereka bekerja.
Wajahnya menjadi sumringah kalau sudah selesai makan saya meletakkan piring kotor lalu berdiri didepan mereka sambil mengacungkan jempol "Thank You Sir, Very Good Dinner Indeed," dia tahu pasti orang Indon yang bicara mengambil mentah-mentah dari buku kursus 100 jam bahasa Inggris Sutan Sulaiman, sebab orang Australia tidak pernah bilang Thank You melainkan "cheers" yang dibaca seperti cius - dan jarang menyebut Sir kecuali "mate" yang dibaca "maik." Whatever... ini sama dengan kita menyebut "lah" di akhir kalimat. Kalau sudah begini dia akan menjawab "no worries mate" - sebuah ungkapan kalau diterjemahkan menjadi aneh. Niatnya berterima kasih malahan dikira kuatir.
Tetapi ada dukanya. Setiap jam makan dia spesial keluar kandangnya hanya untuk mengecek piring saya. Kalau saja kedapatan saya cuma sayuran atau "healty food," mereka langsung ndedes (bertanya mencecar), "kenapa? apa karena masakan saya tidak enak?" - padahal sudah berulang kali aku mencoba mengatakan sejujurnya, masakannya enak dan huenak (hu) banget
Memajang KueHasil masakan para koki yang berupa kue, pai, milkshake, agar "konyaku." semua dipajang di lemari ini bersama sari buah "Just Juice," susu, susu kacang, es teh manis (baru belakangan ini ada), disamping minuman ringan seperti Coca Cola.
Semua masakan hotel kelas satu. Kalau mereka masak sup buntut ya, kursnya seperti di Hotel Borobudur, dagingnya bisa dilepas pakai sendok saking empuknya.
Karena minimnya petugas dapur maka timbul persoalan ketika kontainer suplai makanan datang dari tongkang untuk disimpan dalam gudang makanan. Padahal seperti nampak pada gambar di bawah ini,   ruangan untuk berjalan di rig begitu sempit sehingga cukup untuk satu orang berpapasan. Tidak mungkin menggunakan, misalnya alat semacam "trolley" - untuk itu kami yang tidak sibuk pada berdiri bahu membahu mengangkuti bahan makanan dan dipindahkan secara estafet. Sebelum acara memindahkan bahan, selalu didahului brifing mengenai bahaya cedera pada persendian pinggang bila mengangkat barang tanpa teknik yang baik tidak perduli seringan apapun barangnya. Bahkan menjadi fardhu untuk mengenakan sepatu boot keselamatan dan kaos tangan.
Sekali tempo saya "mbagusi" malas pakai sarung tangan. Persoalannya kita mengangkat barang hasil bertapa di kotak es selama berhari-hari tentu dinginnya bukan main-main. Tidak lama kemudian tangan saya biru semua. Namun inilah kesempatan untuk ber kontak-sosial dengan mereka. Syukur kalau bisa mengikis kesan negatif bangsa. Apesnya mereka bilang mirip iklan shampo "kok si Anu nggak begitu.
Barang kiriman dibungkus dalam kotak kardus tidak perduli itu telur, daging, atau sayuran. Masing-masing dikenai syarat tidak boleh lebih dari 10 kilogram per bungkus. Maksudnya tidak menimbulkan cidera bagi yang mengangkatnya. Lagian kalau terlalu berat bakalan dibanting-banting dalam pengangkutan. Anda mungkin kerap melihat banyak orang bepergian dengan kopor yang besar dan berat, padahal nantinya kopor bakal dibanting-banting akhirnya cepat rusak.
Gang Sempit di ruang akomodasiCuma karena diantara mereka para kulit putih pekerja keras, saya memilki kelebihan yang mereka tidak bisa saingi yaitu umur, maka usai angkut-angkut daging, kentang, pisang, udang, ikan laut, es krim, dijamin keringat saya paling bercucuran. Orang Australia menyebutnya "you are flat out.."
Habis mereka yang tinggi besar kadang bercandanya "kuli-asli," misalnya paha kambing sudah dingin jelas bobotnya 10 kiloan, main lempar sambil bilang "enteng," giliran kita yang menerimanya sampai mengeluarkan suara "hegh" terbungkuk sambil menahan napas.
Lain kesempatan ia berepisode "berat," sehingga saya keburu menyalurkan lambaran ala Kho Ping Hoo yaitu tenaga Lweekang, Gwakang  dan Sinkang dan mengunci kuda-kuda  ternyata yang disampaikan sekedar kotak berisi udang.

Es Puter, Es Goyang, Es Cincau, Hmm Nikmat ...

Di saat matahari sedang bersinar dengan teriknya dan hujan yang dinanti-nanti tidak juga kunjung turun, akan terasa nikmat dan segar jika kita  dapat menikmati es, jajanan  tempo dulu seperti es puter, es goyang dan cincau hijau.
Meskipun saya tinggal di Jakarta, ternyata sudah lama sekali saya tidak menikmati  enaknya es puter dan es goyang, maklum keberadaan penjaja keliling es puter dan es goyang makin terkikis oleh ice cream merek terkenal yang kian menjamur, meskipun soal rasa es puter dan es goyang masih suka bikin kangen, mengingatkan saya pada masa-masa sekolah dulu, suka jajan dan menikmati es puter dan es goyang sambil bersenda gurau dengan teman-teman dulu saat masih menggunakan seragam putih biru.
Saya memang suka menikmati jajanan yang dijual oleh penjaja makanan di depan sekolah, seperti mie ayam, bakso, otak-otak dan pempek bulat, siomay, bakwan Malang, dan kue seperti kue cubit, kue ape dan kue lekker serta minuman pelepas dahaga seperti es doger, es podeng, es cendol, es puter, es goyang dan cincau hijau.. hmm… nikmatnya… dasar tukang jajan.. semuanya terasa enak di lidah saya.
Masih dalam petulangan makanan dan minuman Kampoeng Tempo Doeloe di acara Jakarta Fashion Food Festival yang berlokasi di La Piazza Kelapa Gading, begitu melihat antrian di stand es puter, sepupu saya berjalan dengan cepat sekali, ikutan antri untuk membeli roti bakar yang diisi dengan dengan es puter.
Cara untuk membakar rotinya pun sangat sederhana menggunakan wadah alumunium yang jauh dari modern, dimana pemanasannya menggunakan arang hitam di bawahnya, mirip dengan jagung bakar, serta roti yang digunakan adalah roti jadoel yang tebal, antrian di sini cukup panjang dan lamanya waktu untuk melakukan pemanggangan roti yang memakan  waktu sekitar 10 menit, sementara sepupu saya antri, saya pun  sibuk mengambil beberapa foto untuk KoKi dan KoKiers.

 



Tidak jauh dari stand es puter ini, lagi-lagi terlihat orang berkerumun di depan suatu stand, segera pula saya melangkahkan kaki ke sana, oh.. ternyata para pembeli terutama anak-anak sedang memilih rasa es goyang.. Hmm… saya juga tergiur dengan es goyang ini, sudah lama sekali tidak menikmati enaknya es goyang ini, setelah puas mengambil foto-foto es goyang ini, akhirnya saya ikut mencicipi es goyang rasa durian, hmm… nikmat, segar dan enak…
Es goyang ini, biasa disebut juga dengan es lilin karena bentuknya panjang seperti lilin dan lebih terkenal dengan sebutan es goyang, karena cara pembuatannya di goyang-goyang, seperti terlihat pada foto, penjual sedang menggoyang-goyang gerobaknya. Harga es goyang ini sebesar Rp. 3.000, - kalau mau dilapisi dengan cokelat, dengan cara dicelup, harganya sebesar Rp. 5.000,-. Es goyang ini masih dapat di temui di depan sekolah Theresia, Jakarta Pusat dan sekolah-sekolah lainnya, dan beberapa penjual es goyang ini masih suka berkeliling ke rumah penduduk, usai bubaran sekolah, jika dagangannya belum habis.
Kini seiring dengan perkembangan jaman, es goyang bentuknya pun sudah lebih besar mirip dengan ice cream modern, dan rasanya juga lebih bervariasi ada rasa durian, kacang hijau, strawberry, cokelat, alpukat, nangka, yang menjadi favorit tetap rasa durian dan kacang hijau. Setelah menikmati es goyang rasa durian, tadinya saya mau membeli lagi rasa kacang hijau, akhirnya tidak jadi, karena jajanan lainnya seakan-akan memanggil saya untuk mampir pula ke sana.
Meskipun saat ini es goyang mendapat saingan dari es potong produk negara tetangga yang banyak di jual di depan food courts mal, tetap saja es goyang lebih enak, menurut saya lho.







Setelah menikmati es goyang ini, saya kemudian mengelilingi dari satu stand ke stand makanan lainnya, untuk meminta izin kepada pedagang untuk mengambil foto-fotonya, dan para pedagang ini sangat ramah, dan bersedia mengobrol dengan saya, meskipun saya tidak membeli barang dagangnya. Begitu banyak makanan dan minuman yang ditawarkan di acara ini, hmm… rasanya saya harus kembali berkunjung ke sana lagi pada keesokan harinya, untuk benar-benar menikmati makanan dan minumannya, dan pada hari ini saya cukup memuaskan diri untuk mengambil foto-fotonya untuk KoKi dan KoKiers.
Ketika sedang asik mengambil foto pedagang taoge goreng serta tahu gejrot, di sebelahnya ada es cincau hijau, lagi-lagi saya mampir ke sana untuk membeli segelas es cincau hijau dan mengambil foto-fotonya. Kabarnya es cincau ini adalah minuman khas Bogor, dan di depan toko-toko tas yang menjamur di kota Bogor, selalu ada penjual es cincau dengan pikulannya yang khas.
Es cincau ini masih dapat dijumpai di sekolah-sekolah di Jakarta, biasanya sudah menggunakan gerobak, bukan pikulan, dan di food courts mal di Jakarta, harga es cincau hijau ini berkisar antara Rp. 3.000 – Rp 5.000,-, sedangkan yang dijual di mal, bersamaan dengan minuman juice harganya sekitar Rp. 10.000,- cukup mahal memang, karena pedagang makanan dan minuman ini di mal harus membayar sewa dengan sistem bagi hasil, semua pembayaran atas makanan dan minuman pada kasir pengelola mal.
Cincau hijau ini selain rasanya nikmat dan segar, banyak pula khasiatnya untuk mengurangi panas dalam, demam dan tekanan darah tinggi, untuk pengobatan, disarankan tidak menggunakan es dan santan.
Cara pembuatan cincau hijau ini dengan melakukan perendaman daun cincau, kemudian di remas-remas atau dihancurkan yang menghasilkan semacam gel cincau. Penyajian es cincau hijau ini menggunakan santan, gula cair dan es serut, biasanya saya memesan es cincau hijau ini tanpa santan, rasanya tetap enak juga.
Selain cincau hijau, ada pula jenis cincau hitam, biasanya dapat disajikan dengan sirup ataupun sebagai pelengkap pada es teler dan es campur.





Kaum Melarat Penemu Makanan Enak Mahal

Konon 8 dekade yang lalu nelayan di Jepang hidupnya sangatlah sengsara. Mereka yang menangkap ikan, tetapi ikannya untuk dijual dan mereka beserta keluarganya harus menahan diri untuk tidak memakannya. Mereka hanya menyantap sisa bagian ikan, udang dan kepiting yang tak laku dijual. Sisa-sisa itu yang sesungguhnya adalah "afval" atau "sampah" mereka coba olah agar masih bercita rasa, diberi bumbu dan diawetkan.
 
Usai Perang Dunia II perekonomian dan standar hidup Jepang naik luar biasa, tertinggi didunia. Saat itu seorang kakek mengolah resep nelayan melarat itu melalui proses teknologi canggih dan dikemas rapih. Produk baru ini langsung digemari konsumen dan menjadi food dressing sehari-hari yang paling populer didalam makanan setiap keluarga. Produk ini diberi nama RICE SEASONING yang cocok untuk ditabur diatas nasi putih, sushi, tahu goreng, pasta atau sandwich.
 
(Legend of Ajishima Furikake, dikutip dari Ajishima Rice Seasoning packaging).
 
 
 
 
 
 
 
Siapa yang tak kenal CAP CAY ? Aku kira semua KoKiers sudah pernah mencicipi, baik yang versi halal maupun yang tidak. Istilah Cap Cay sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang arti harafiahnya "Sepuluh Sayuran" dan nama itu setahu ku cuma dikenal di Indonesia. Walau Cap Cay jelas masakan China tetapi ternyata dinegeri China sendiri tidak dikenal...............memang ada yang menduga itu berasal dari Taishan suatu daerah di China yang penduduknya banyak mengembara (macam orang Padang dan Batak barangkali) atau dimasa Dinasti Qing.
 
Ada pula yang memperkirakan Cap Cay pertama kali disajikan oleh jurumasak Duta Besar Li Hung saat berkunjung ke New York pada tanggal 29/08/1896 untuk menjamu pembesar China dan Barat. Tetapi aku lebih sreg kepada kisah berikut, yaitu penemu masakan Cap Cay ini adalah para imigrant China di San Francisco yang didatangkan dari China untuk memasang rel kereta api. Soalnya penduduk lokal sendiri baik Indian maupun hitam tidak kuat bekerja (banyak yang sakit atau mati) di medan yang begitu ganas cuacanya. Nah, sebagian dari mereka yang habis kontrak kerjanya meneruskan tinggal di USA dengan bekerja jadi kuli atau pekerja didapur Restoran Barat dan yang punya sedikit modal serta keberanian membuka Binatu (cuci pakaian) dan/atau Warung Makan China. Yang bekerja didapur Restoran Barat mendapati bahwa restoran banyak membuangi sisa-sisa potongan sayur  dan tetelan daging macam-macam ketempat sampah. Dia merasa sayang, maka minta izin untuk dibawa pulang......................
 
Setibanya dirumah dia bereksprimen memasaknya sampai akhirnya tercipta rasanya yang cocok. Lalu dia bagi-bagikan kepada tetangga, sanak familinya dan teman-temannya ................... terbukti mereka juga menyukainya. Maka dia memberanikan diri buka warung Cap Cay dengan pelanggan mula-mula ya kuli-kuli China bahkan kemudian kuli-kuli ras-ras lainnya. Lama kelamaan masakan ini yang di USA dinamakan CHOP SUEY (apa artinya aku tidak tahu) dikenal luas di USA, sehingga di masa itu bertebaran Warung atau Restoran Chop Suey diberbagai kota di USA dan pelanggannya bukan lagi  kuli-kuli melainkan orang-orang berduit.
 
Barangkali didunia ini etnik China adalah yang paling rajin menekuni otak-atik resep makanan, dari suatu bahan inferior menjadi masakan superior. Apa yang dibuang oleh etnik lainnya, oleh mereka di-"sulap" jadi makanan lezat dan mahal. Siapa sangka SARANG BURUNG WALET yang berasal dari air liur burung walet bisa menjadi makanan yang amat mahal ? Siapa nyana CEKER AYAM yang dulunya dibuang atau paling-paling untuk bikin kuah bulion orang miskin sekarang malah  dijadikan sajian di pesta makan YUM CHA (dim sum) dan sekarang dijadikan komoditi ekspor Australia ke Hongkong dan China ?
 
"HISIT" atau "SIRIP IKAN HIU" menjelma jadi masakan mahal. Siapa sudah merasakan nikmatnya sup hisit telur kepiting ?
 
 
 
 
 
 
"BEGGAR CHICKEN" atau "AYAM PENGEMIS" yang diketemukan oleh pengemis kini jadi sajian mewah di restoran berprestige.
 
 
 
 
 
 
 
REBUNG (BAMBOO SHOOT) yang awalnya hasil korek-korek tanah oleh penduduk miskin yang kelaparan di musim dingin boleh pula ikut nongkrong di restoran kaum berada.
 
BLACK TRUFFLE yang dijuluki BLACK GOLD berharga $ 3,000 per kg. Jenis fungus yang mula-mula ditemukan di salah satu hutan di Perancis masih bersaudara dengan mushroom dan tumbuh tersembunyi dibawah permukaan tanah diantara akar pepohonan Oak dan Hazelnut. Penemuan tidak sengaja oleh petani gurem dikemudian hari jadi makanan paling bergengsi didunia kuliner. Penulis Alexandre Dumas menyebutnya sebagai "the gastronome's holy of holies".
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
NASI JAMBLANG dikota Cirebon awalnya ditujukan untuk makanan kuli pelabuhan. Segala jenis masakan termasuk nasi dibuat dalam kemasan yang sangat kecil dan memakai daun jati..................tetapi disitulah keunikan dan kelezatannya. Kombinasi masakan yang disantap ada ditangan pelanggan. Maksud semula dibuat kecil-kecil adalah untuk memungkinkan pelanggan yang kantongnya cekak mengatur budget makannya, tetapi bagi kaum berduit itu malah itu porsi yang pas dan menggelitik, tidak bikin mual.
 
Sekarang ini penggemar Nasi Jamblang bukan hanya para marginal melainkan juga yang bermobil mewah, bukan pula melulu orang Cirebon melainkan juga dari kota-kota lainnya. Dan Nasi Jamblang untuk kelas atas (mungkin kualitas bahannya beda dan variasi jenisnya lebih banyak) jelas-jelas mahal.
 
 
 
 
 
 
 

Tips Pengiriman Barang Import

Ada beberapa hal yang pertimbangan jasa pengiriman barang atau importir untuk melaksanakan pengiriman import atau import door to door sebagai berikut yang bisa dijadikan pertimbangan dalam proses pengiriman barang:
Packing
Jenis packing mapun kekuatan packing sangat mempengaruhi apakah barang anda bisa selamat tiba tanpa kerusakan yang berarti.
Dalam proses packing ini perlu dilihat beberapa hal: jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) beberapa ekspedisi tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat. Untuk pecah belah biasanya dilakukan packing tambahan berupa packing kayu. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap harga packingnya. Perlu di-ingat dalam proses pengiriman barang akan banyak dilakukan proses handling, mulai dari barang di ambil di tempat anda, di gudang ekspedisi, pada saat dimuat di kendaraan (truk) atau pada saat proses pemuatan di pesawat maupun setelah barang tiba di tujuan. Semakin banyak handling (import door to door) yang dilakukan maka semakin besar juga resiko kerusakan barang. Jadi jenis packing akan mempengaruhi barang tersebut rusak atau tidak lebih baik anda buat web untuk perusahaan pengiriman barang di desain web
Pengiriman melalui udara
Jika anda mengirim barang melalui udara, sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan pengiriman barang tersebut seberapa besar / berat yang diperbolehkan. Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari jumlah yang ditentukan. Misal hanya dibatasi per koli cuma 150 kg saja. Lebih dari 150 kg harus dibagi menjadi 2 koli. Hal ini dikarenakan memang aturan dari operator pesawat. Begitu juga dengan dimensi/ukuran barang.
Pengiriman melalui darat
Bisa menggunakan truk atau bis dan juga saat ini ada yang menyediakan “wagon bus” dimana bentuknya seprti bis tetapi hanya untuk angkut barang saja. Carilah perusahaan ekspedisi yang mempunyai jasa pengiriman yang sudah terjadwal setiap hari-nya. Memang cukup sulit mengetahui apakah suatu perusahaan ekspedisi itu mempunyai jadwal yang tetap atau tidak. Banyak juga perusahaan ekspedisi yang menunggu memberangkatkan barang sampai mereka mendapatkan muatan penuh baru berangkat. Jadi tidak heran jika ekspedisi a bisa kirim 2 hari untuk jkt-yogya sementara ekspedisi b bisa satu minggu.
Jika muatan sablon digital anda banyak dan harus dimuat dalam 1 truk, maka sebaiknya anda charter saja truk tersebut. Ini lebih aman karena barang tidak naik dan turun antara tempat anda, gudang ekspedisi dan tempat tujuan. Sebagai contoh perusahaan mebel di jepara hampir selalu mengirim barang mereka dalam 1 truk besar untuk dikirim ke setiap pelanggan mereka di luar kota.
Pengiriman laut
Jika muatan anda banyak (misal 20 – 25 m3) sebaiknya anda booking saja 1 container 20 feet. Atau booking 1 truk dimana nantinya truk tersebut akan naik keatas kapal. Jika barang anda sedikit memang mau tidak mau barang anda harus digabung dengan barang-barang lain.

:. ARTIKEL Memahami Konsep Modifikasi Supply Chain

Istilah supply chain mungkin sudah kerap didengar. Didalam Bahasa Indonesia sering dijumpai terjemahan supply chain sebagai “Rantai Pengadaan atau Penyediaan ataupun Pasokan Barang dan Jasa”.  Pada hakikatnya supply chain adalah jaringan organisasi yang menyangkut hubungan ke hulu dan ke hilir (upstream – downstream), dalam proses dan kegiatan yang berbeda, yang menghasilkan nilai yang berwujud dalam barang dan jasa ditangan pengguna atau konsumen akhir. Proses dan kegiatan yang berbeda tersebut melibatkan hubungan antara para pelaku, dari penghasil atau pemasok, pembuat atau pengolah, pendistribusi atau penyalur sampai kepada pengguna atau konsumen.
Pola hubungan mereka tidak hanya merupakan “suatu mata rantai yang tersambung” tetapi juga merupakan “suatu jaringan mata rantai”. J. Aitken - pakar di bidang ini, lebih lanjut mendefiniskannya menjadi “suatu jaringan organisasi yang saling terkait dan saling ketergantungan antara satu dan lainnya dan secara bersama-sama bekerja untuk mengawasi, mengelola, dan melakukan perbaikan pada aliran pengadaan barang dan jasa serta informasi sejak dari penghasil atau pemasok sampai kepada pengguna atau konsumen akhir”. Dari sini dapat difahami bahwa filosopi manajerial didalam supply chain merupakan pengelolaan suatu jaringan mata rantai pengadaan barang dan jasa sebagai suatu kesatuan yang menyeluruh, dan bukan secara terpisah-pisah.
Konsep supply chain menggambarkan adanya proses, kegiatan dan hubungan yang terjadi dan saling ketergantungan dan mempengaruhi pada jaringan organisasi dan para pelaku didalamnya merupakan pendekatan populer untuk menelaah pengadaan barang dan jasa secara lebih luas termasuk juga persaingan pasar.
Jika diamati secara umum supply chain komoditi-komoditi ekspor utama dari produk olahan pertanian dan perkebunan daerah sering kali cukup panjang. Rentang jaringan yang panjang ini dimulai dari petani/penghasil, pengumpul, pedagang/koperasi, pedagang besar/pengolah awal, sampai kepada eksportir.
Beberapa komoditi sebut saja kopi atau minyak wangi (dari olahan nilam) bila dirunut pada produk olahan atau akhir dari komiditi-komoditi tersebut, setelah diterima importir atau pembeli diluar daerah penghasil, untuk dapat sampai konsumen akhir, masih ada rentang agen perantara (intermediary agents) pada jaringan mata rantai lebih lanjut. Importir akan menjual komodit tersebut kepada pihak prosesor (industri) yang akan mengolahnya  lebih lanjut  menjadi produk olahan lanjutan atau produk siap pakai (finished product), setelah itu industri akan menjualnya kepada pendistribusi atau penyalur besar, penyelur besar juga akn menjualnya lagi kepada pengecer baik besar, menengah atau kecil, mulai dari tingkatan supermarket, toko sampai tingkatan kedai/kios.
Pengelolaan jaringan mata rantai komoditi tersebut sebagai suatu kesatuan yang menyeluruh mengharuskan terjadinya kemitraan antara para pelakunya. Menilik sejumlah permasalahan seperti inkonsistensi mutu, minimnya pendapatan petani, transparansi harga, lemahnya nilai tambah produk, keterbatasan akses pasar dan informasi, kesulitan kredit pra ekspor (pre-export credit financing) atau dukungan modal kerja dan lainnya, para pelaku didalam supply chain dituntut untuk bersama berupaya menjawab secara bertahap permasalahan yang ada dengan melakukan kaji ulang terhadap supply chain, jika perlu melakukan modifikasi.
Dinamika persaingan pasar dan perubahan preferensi konsumen terhadap komoditi atau produk dengan mutu tertentu (khusus, spesial atau sertifikasi) bernilai jual lebih tinggi di negara-negara tujuan utama ekspor telah membuka ceruk pasar atau peluang-peluang bisnis baru. Modifikasi supply chain dengan mempersingkat saluran distribusi, membuat kemitraan bisnis (business partnerships) antara petani atau kelompok tani, koperasi dan perusahaan pengolah kepada akses pasar lebih luas dengan membuka hubungan langsung dengan para pembeli di luar negeri diharapkan menjadi salah satu pilihan strategi menghadapi persaingan pasar global terutama dalam memanfaatkan ceruk pasar atau peluang-peluang bisnis baru yang muncul dari perubahan preferensi konsumen dan dalam memperbaiki sistem pemasaran komoditi atau produk ekspor daerah dan nasional. (Suhendra)

Makalah Pengantar Bisnis

Disusun Oleh :

NURHAYANI HASIBUAN
NIM. 0925049




PROGRAM STUDI MANAJEMEN S1
UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN
KABUPATEN ROKAN HULU
2010



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “STRATEGI DISTRIBUSI DAN STRATEGI PROMOSI”. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak maka makalah ini tidak dapat terwujud, untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing.
Penulis hanya manusia biasa, makalah ini pasti dapat kekurangan dan jauh dari kesempurnaan, oleh kerena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberi manfaat khususnya bagi aktivitas pendidikan dan umumnya bagi para pembaca. Akhirnya penulis mengucapkan terima kasih.

                                                                               Pasir Pengaraian,     Juni 2010


                                                                                                 Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...............................................................................      i
DAFTAR ISI .............................................................................................      ii
BAB I     PENDAHULUAN ......................................................................     1
A.  Latar Belakang........................................................................      1
B.  Rumusan Masalah Strategi........................................................     2
C. Tujuan Strategi ..........................................................................     2
BAB II    PEMBAHASAN .........................................................................     3
A. Memilih Tingkatan Cakupan  ......................................................     3
B. . Memilih Alat Transportasi Yang Digunakan Untuk Mendistribusikan Produk                     4
C.  Cara Mempercepat Proses Distribusi             4
D. Saluran Integrasi Vertikal                       5
E.  Menentukan Bauran Promosi Yang Optimal .....................................     6
BAB III   PENUTUP ........................................................................................     7
A.     Kesimpulan .....................................................................................     7
B.     Saran ..............................................................................................     7

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Saluran distribusi menggambarkan jalur barang dari produsen sampai ke pelanggan. Saluran tersebut biasanya melibatkan juga perantara pemasaran, atau perusahaan yang ikut serta dalam proses pemindahan barang sampai ke tangan konsumen. Keputusan perusahaan yang berkaitan dengan distribusi dapat berpengaruh terhadap kinerjanya karena mempengaruhi cakupan produk atas pelanggan. Keputusan distribusi dapat juga mempengaruhi kinerja perusahaan karena mempengaruhi ongkos kirim produk dari asal barang tersebut diproduksi ke tangan pelanggan.
Pedagang grosir berperan sebagai perantara dengan membeli produk dari produsen dan menjualnya kepada pengecer. Mereka sangat bermanfaat baik untuk produsen maupun untuk pengecer, seperti yang diterangkan dalam teks ini. Cara pedagang grosir melayani pengecer, pedagang grosir menawarkan lima jasa kunci kepada pengecer : Pergudangan, Promosi, Display, Kredit, dan Informasi
Meskipun sebuah produk telah diproduksi, diberi harga dan didistribusikan dengan tepat, namun masih harus dipromosikan. Umumnya, perusahaan menggunakan promosi sebagai tambahan atas strategi pemasaran yang lain (strategi produk, penentuan harga, dan distribusi), yang diuraikan pada dua  bab sebelumnya. Misalnya strategi sebuah pabrik mobil yang memperbaiki kualitas produk ditambah dengan promosi yang menginformasikan kepada konsumen tentang strateginya. Strategi sebuah perusahaan penerbangan untuk menurunkan harganya biasanya ditambah dengan promosi yang menginformasikan konsumen tentang strategi penentuan harganya. Suatu kualitas produk yang diberi harga pantas tidak akan dapat terjual kecuali jika dipromosikan sehingga konsumen mengetahuinya.

B.  Rumusan Masalah Strategi
Keputusan perusahaan tentang distribusi menentukan bagaimana cara produk yang dibuatnya dapat dijangkau oleh pelanggannya. Perusahaan harus mengembangkan strategi untuk memastikan bahwa produk yang didistribusikan kepada para pelanggan berada pada tempat yang tepat. Black and Decker mendistribusikan peralatan listriknya pada berbagai macam took pengecer di mana pelanggan pergi untuk membeli peralatan listrik.
Saluran langsung, ketika produsen melakukan transaksi langsung dengan pelanggan, perantara pemasaran diikutsertakan, situasi ini disebut sebagai seluran langsung. Sebagai contoh dari saluran langsung adalah perusahaan seperti Land’s End yang memproduksi pakaian dan menjualnya langsung kepada pelanggan. Perusahaan juga mempunyai situs yang memberikan fasilitas kepada konsumen untuk memesan secara online.
Keuntungan saluran langsung adalah perbedan yang jelas antara biaya produksi dan harga yang dibayar oleh pelanggan kepada produsen. Perusahaan juga mempunyai kontrol penuh atas harga yang dikenakan kepada konsumen. Sebaliknya ketika mereka menjual produknya pada perantara pemasaran, mereka tidak dapat mengontrol harga yang dikenakan pada konsumen.

C. Tujuan Strategi
Saluran Dua Tingkat, beberapa produk melewati distribusi saluran dua tingkat di mana dua perantara pemasaran berada di antara produsen dan konsumen. Anheuser-Busch biasanya menggunakan saluran dua tingkat untuk mendistribusikan Budweiser dan merek bir lainnya. Mereka bergantung pada sembilan ratus pedagan grosir untuk mendistribusikan mereka ke toko pengecer seperti toko bahan makanan dan toko konsumen.
Keuntungan bagi produsen kecil. Bisnis kecil yang memproduksi satu atau beberapa produk yang biasanya menggunakan distribusi saluran dua tingkat. Karena binis seperti ini tidak terkenal, mereka mungkin tidak menerima pesanan dari toko pengecer. Oleh karena itu, mereka bergantung pada agen untuk menjual produksinya ke toko pengecer.
BAB II
PEMBAHASAN

A.   Memilih Tingkatan Cakupan  
Setiap perusahaan yang menggunakan perantara pemasaran harus menentukan rencana atas cakupan pasar, atau tingkatan atas distribusi produk di antara toko pengecer. Perusahaan memcoba memilih tingkat cakupan pasar kemudian mereka dapat melayani pelanggan dengan kemudahan akses pada produk mereka, tetapi mereka masih perlu memastikan bahwa toko pengecer mereka sanggup menjual produk mereka, tetapi mereka masih perlu memastikan bahwa toko pengecer mereka sanggup menjual produk mereka. Cakupan pasar dapat diklasifikasikan sebagai distribusi intensif, distribusi selektif, atau distribusi eksklusif.
Distribusi intensif, untuk mencapai tingkatan cakupan pasar untuk semua tipe konsumen, distribusi intensif digunakan untuk mendistribusikan produk ke hampir semua toko yang mungkin. Perusahaan yang menggunakan distribusikan intensif dipergunakan untuk produk-produk seperti permen karet dan rokok dimana tidak memakan banyak tempat pada tempat penjualan dan tidak memerlukan keahlian pegawai toko untuk menjualnya.
Distribusi selektif dipergunakan untuk mendistribusikan produk melalui toko yang dipilih. Beberapa toko dengan sengaja menghindarinya. Sebagai contoh, beberapa peralatan computer yang khusus hanya menjual pada toko yang menjual komputer, yang memerlukan beberapa keahlian.
Dengan distribusikan eksklusif hanya satu atau beberapa toko yang dipergunakan. Ditribusikan ini sangat berbeda distribusikan selektif. Sebagai contoh, beberapa barang mewah didistribusikan secara khusus pada beberapa toko yang melayani konsumen kelas atas. Dengan membatasi distribusi, perusahaan dapat membuat atau memelihara prestise produk tersebut. Seperti merek Nike dijual secara eksklusif pada toko pengecer Foot Locker. Beberapa produk yang mempunyai distribusi eksklusif memerlukan pelayanan yang khusus. Perusahaan yang membuat perhiasan mewah mungkin lebih memilih mendistribusikannya secara eksklusif toko perhiasan tertentu pada daerah tertentu di mana pegawai toko tersebut menerima pelatihan yang khusus.

B. Memilih Alat Transportasi Yang Digunakan Untuk Mendistribusikan Produk
Setiap distribusi produk dari produsen ke pedagang grosir atau dari pedagang grosir ke pengecer memerlukan transportasi. Biaya transportasi beberapa produk dapat melebihi biaya produksinya. Bentuk transportasi yang tidak efisien dapat menghasilkan biaya yang lebih tinggi dan keuntungan yang lebih rendah bagi perusahaan. Untuk setiap bentuk transportasi, perusahaan harus memperkirakan waktu biaya dan kemampuannya.
Keputusan tambahan transportasi, pemilihan bentuk transportasi yang baik hanya langkah awal dalam pengembangan sistem transportasi produk yang pantas pada kenyataannya, tidak ada formula yang ada menentukan system distribusi yang ideal. Kebanyakan perusahaan mencoba untuk memperkirakan seluruh biaya yang berkaitan dengan setiap kemungkinan dari pengiriman produk yang dipesan. Perusahaan membandingkan jumlah biaya yang diperkirakan untuk setiap metode dan memilih satu yang paling efisien.

C.  Cara Mempercepat Proses Distribusi
Struktur dan system distribusi perusahaan mempengaruhi kinerjanya. Proses yang paling mempunyai dampak yang merugikan. Pertama, produk akan lebih lama sampai ke tangan pelanggan, di mana dapat menyebabkan pesaing menyediakan produk ke pasar lebih cepat. Keadaan ini dapat mengakibatkan toko pengecer atau pelanggan memesa produk dari perusahaan lainnya. Mempersingkat saluran distribusi, menata ulang proses ditribusi biasanya membawa hasil pengurangan dari gudang. Untuk produk yang ringan (seperti microhip) dan dapat dengan mudah untuk dikirim.
D.  Saluran Integrasi Vertikal
            Beberapa peusahaan menggunakann saluran integrasi vertical, di mana sebuah perusahaan mengelola dua tingkatan distribusi atau lebih. Strategi ini dapat digunakan oleh produsen atau pengecer, seperti yang diterangkan pada teks selanjutnya. Saluran integrasi vertical oleh produsen, cara produsen untuk mengintegrasikan operasional mereka secara vertical dengan mendirikan toko-toko pengecer.
Bauran promosi adalah kombinasi metode promosi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penerimaan produk-produknya. Empat metode promosi adalah :
-         Periklanan
-         Penjualan personal
-         Promosi penjualan
-         Hubungan masyarakat
Beberapa perusahaan menggunakan satu dari metode-metode promosi ini untuk mempromosikan produk-produk mereka, sementara perusahaan-perusahaan lain menggunakan dua metode atau lebih. Bauran promosi yang optimal untuk mempromosikan suatu produk, tergantung pada karakteristik dari target pasar. Masing-masing dari keempat metode ini akan dibaha dengan rinci kemudian. Perikalan adalah penyajian penjualan non personal yang ddikomunikasikan melalui bentuk media atau umum untuk mempengaruhi sejumlah bersa konsumen.
Alasan-alasan periklanan, perikalanan umumnya dimaksudkan untuk menumbuhkan kesan (image) dari merek institusi, atau industri tertentu. Alasan yang paling umum adalah untuk meningkatkan image dari produk tertentu. Periklanan merek adalah penyajian penjualan non personal tentang produk tertentu. Berapa merek diiklankan untuk menginformasikan kepada konsumen tentang perubahan produk.



E.  Menentukan Bauran Promosi Yang Optimal
Target pasar disebuah perusahaan dibentuk oleh berbagai variasi konsumen diseluruh wilayah tertentu, yang mungkin menggunakan iklan untuk mempromosikan produknya. Jika perusahaan memproduksi peralatan pembedahan untuk sebuah target pasar dokter bedah di rumah sakit, maka perusahaan itu harus mempertimbangkan beberapa iklan unutk memperkenalkan peralatan tersebut, bersamaan dengan penjualan personal unruk menjelaskan bagaimana peralatan tersebut digunakan. Jika target pasar dibentuk oleh konsumen dengan anggaran terbatas (seperti para pensiunan), perusahaan dapat menggunakan metode promosi penjualan seperti atau rabat.
Anggaran promosi adalah sejumlah dana yang telah disisihkan untuk membayar semua metode promosi dalam periode tertentu. Perusahaan juga dapat menciptakan anggaran promosi untuk setiap produk yang dibuatnya. Anggarannya akan besar jika perusahaan yakin bahwa promosi akan memberikan dampak yang besar pada penjualan atau bila perlu untuk mencegah penurunan yang besar dalam penjualan. Jika anggaran promosi untuk produk tertentu kecil, maka iklan di televisi atau di majalah yang distribusinya luas tidak akan mungkin dilakukan. Perusahaan harus mengandalkan iklan yang tidak mahal (seperti surat kabar local) dan metode promosi penjualan yang tidak mahal (seperti display). Mungkin tidak satu pun jenis promosi akan menjadi efektif.


BAB III
PENUTUP

C.     Kesimpulan
Jika sasaran strategi promosi tidak dicapai, perusahaan boleh merevisi strateginya. Kadang rencana pemasaran gagal karena sasaran terlalu optimistic. Pada situasi ini, perusahaan harus merevisi sasarannya daripada stretginya. Perusahaan juga harus menyadari perubahan pada kondisi lain dapat mempengaruhi pendapatan. Misalnya kondisi perekonomian yang buruk akan menyebabkan pendapatan perusahaan tidak akan mencapai sasaran meskipun strategi promosi telah dilakukan dengan efektif.
Meskipun biaya yang dijaukan untuk promosi diperkirakan dengan sangat tepat namun manfaat promosi sangat tidak pasti. Setelah perusahaan mempromosikan produknya, mereka dapat menentukan apakah strategi promosi yang dilakukan dapat berhasil. Jika pada saat promosi mereka mengembangkan sasaran yang dapat diukur, maka mereka dapat menilai apakah tujuannya dapat dicapai. Misalnya, berkenaan dengan rencana pemasaran yang dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan 10 persen pada tahun mendatang.

D.    Saran
Memilih tipe optimal dari cakupan pasar, penelitian pasar dapat menentukan tipe optimal atas cakupan dengan mengidentifikasikan di mana pelanggan berbelanja produk atau jasa. Sebagai contoh, penelitian pasar dapat menentukan apakah perusahaan harus mendistribusikan melalui toko bahan makanan. Penelitian pasar menunjukkan bahwa toko pengecer Foot Locker menarik perhatian remaja yang sanggup membelanjakan $80 atau lebih untuk sepatu olahraga. Nike mendistribusikan sepatunya kepada Foot Locker karena target pasarnya adalah remaja.

PROSES PEMESANAN DAN PENGIRIMAN BARANG ATAU PRODUK KEPADA KONSUMEN

Dalam pemesanan barang atau produk fashion kami melayani eceran maupun paket besar yang model dan katalog produk tertera di koleksi foto, yaitu
1.Minimal 3 pcs,atau lebih,maupun paket besar,untuk 1x pengiriman barang,khusus pulau Jawa dan sekitarnya.
2.Minimal 6 pcs atau lebih,maupun paket besar untuk 1x pengiriman barang.untuk luar Jawa,seperti Sumatera,Kalimantan,Sulawesi,Ambon, Maluku,Ternate,Bali,NTT,irian jaya,

Dalam pengiriman barang atau produk ,kami menggunakan jasa distribusi,yaitu:
1.PT,POS INDONESIA
2.Jasa EKSPEDISI,seperti,PT.Expedisi Aviatama,dll,sesuai dengan ekspedisi yang ada dikota,atau daerah anda.
3.PT TIKI INDONESIA

Bila anda berminat terhadap produk yang kami jual,caranya,
1.Konsumen dapat memilih barang yang disukai dengan menulis kode serienya barang,size,dan jumlahnya lalu dikirim ke alamat email kami,,
2.Pesan yang konsumen kirimkan harus disertakan alamat tujuan yang jelas,pilihan pengiriman,yaitu apakah melalui PT POS INDONESIA atau Ekspedisi dsb,,dan nomor telpon atau HP,agar kami bisa menghubungi dan men cek,apakah barangnya sudah sampai atau belum.
3.Pemesananan dalam jumlah besar,untuk distribusinya kami menyarankan menggunakan jasa Ekspedisi,agar biayanya lebih irit,namun sampainya barang ke alamat tujuan agak lama,yaitu 4 hari sampai 1 minggu.
3.Ongkos kirim dibayar oleh konsumen,ketika barangnya sudah sampai ke alamat tujuan.
3.Barang atau produk yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan kecuali cacat,atau barangnya belum dikirim.

Pembelian barang atau produk oleh konsumen harus dibayar di muka dan cash,melalui nomor rek..
Atas perhatian dan kesetiaannya menggunakan layanan kami,kami ucapkan terima kasih.

Tempat Usaha & Lokasi

Keputusan untuk menyewa tempat untuk kantor atau kegiatan usaha tidak mudah sama rumitnya dengan membeli. Karena keputusan yang salah dapat menimbulkan kerugian moril dan materil di kemudian hari. Sebaliknya keputusan yang tepat dapat menghantar usaha Anda menuju sukses.
Faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan adalah faktor lokasi dan harga sewa/beli. Dari segi lokasi, tidak hanya posisi 'strategis secara pemasaran' yang menjadi pertimbangan tapi banyak juga yang mempertimbangkan masalah 'feng shui', nomor jalan, posisi/letak tempat dan lain-lain.
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi adalah:

Kegiatan Usaha

Pemilihan lokasi sangat tergantung pada kegiatan usaha Anda. Kebutuhan lokasi untuk bisnis eceran akan jauh berbeda dengan bisnis rumahan atau usaha industri.
Kriteria untuk kegiatan usaha yang melibatkan produksi, pergudangan, dan industri adalah:
  • kemungkinan perluasan di masa depan
  • mudah dicapai oleh karyawan produksi
  • tenaga kerja yang mudah tersedia dari sekitar lokasi
  • pengadaan listrik dan air  yang lancar
  • kemudahan sistem pengangkutan dan pengiriman
Kriteria untuk bisnis eceran tentunya lain lagi. Beberapa jenis bisnis paling sesuai berlokasi di pusat perdagangan besar tetapi sebagian lagi, seperti Mini-Mart, toko video dan bisnis cuci pakaian lebih berhasil di pusat perdagangan yang lebih kecil. Lainnya justru berjalan baik ditepi jalan raya, seperti rumah penitipan anak atau toko barang antik.

Populasi

Apakah produk atau jasa yang akan Anda pasarkan memerlukan lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen? Jika iya maka Anda harus mencari lokasi dimana konsumen mudah mendapatkan produk/jasa Anda, jumlah populasi yang cukup untuk menjamin tingkat penjualan yang tinggi, serta daya beli rata-rata konsumen di lokasi tersebut.
Jika fungsi kegiatan usaha Anda adalah proses produksi atau pabrik maka faktor populasi tidak begitu penting karena Andalah yang akan mendistribusikan produk tersebut ke tangan konsumen.

Arus lintas konsumen

Arus lintas konsumen umumnya menjadi pertimbangan penting jika Anda membuka toko atau kios di kompleks pertokoan. Jika toko Anda tidak banyak dilewati pengunjung atau konsumen maka akan sulit untuk meningkatkan penjualan. Atau jika lokasi usaha Anda terletak di jalan yang sukar dicari karena tempatnya tidak strategis.

Generator (Jangkar)

Generator (jangkar) atau anchor tenant adalah unit usaha skala besar yang sudah sukses di pasar, memiliki pelanggan setia dan selalu mampu menarik pengunjung ke dalam pusat perbelanjaan, seperti Matahari, McDonald, Hero Supermarket dan lain-lain. Sebelum Anda memutuskan pusat perbelanjaan mana yang akan Anda masuki periksa dulu generator mana yang sudah ada di pusat perbelanjaan tersebut. Lebih dekat bisnis Anda menjadi generator, biasanya lebih baik untuk bisnis Anda.

Area parkir

Apakah fasilitas parkir di pusat pertokoan tempat Anda berlokasi cukup memadai? Bagaimana tingkat keamanannya? Mahalkah biaya parkirnya? Bagaimana penerangannya di waktu malam? Jika usaha Anda terletak di tepi jalan raya, hindari jalan dengan garis pembagi jalan atau lalu lintas satu arah. Konsumen lebih menyukai toko dimana tempat parkir terletak di depan. Pastikan petugas parkir melayani dengan ramah setiap konsumen yang berusaha mencari parkir.

Lokasi pesaing

Apakah lokasi pesaing di sekitar Anda menguntungkan Anda atau justru merugikan Anda? Ketahui dimana para pesaing Anda berlokasi. Anda bisa mengetahui nama dan alamat mereka dari Halaman Kuning. Cari tahu apa yang persaingan Anda sedang lakukan dan bagaimana mereka melakukannya.
Reputasi lokasi
Beberapa lokasi memiliki reputasi yang bagus misalnya lokasi tertentu yang selalu mendatangkan keuntungan bagi siapa pun yang membuka usaha di wilayah itu.

Kategori lokasi

Seringkali lokasi yang Anda inginkan akan tunduk kepada persetujuan "rencana tata kota", penilaian dampak lingkungan dan sejumlah persoalan pengaturan lainnya. Setiap kota mempunyai Departemen Perencanaan di Balai Kota. Hubungilah lembaga, departemen dan instansi pemerintah terkait  yang mempunyai wewenang kebijaksaan untuk menyetujui atau menolak segala rencana lokasi yang Anda harapkan.

Manajemen SDM Stratejik dan Keputusan Stratejik Perusahaan

ni adalah sebuah e-mail yang saya kirimkan kepada sebuah media berkaitan dengan pertanyaan tentang “Mengapa manajemen SDM sering dipandang “sebelah mata” oleh para CEO, walaupun umumnya mereka menyadari bahwa manajemen SDM itu penting ?”
.
.
.
Pengalaman saya sebagai konsultan manajemen menunjukkan bahwa banyak CEO beranggapan bahwa manajemen SDM itu sangat penting, tetapi kenyataannya untuk pembuatan keputusan stratejik organisasi, sering manajemen SDM “dipandang sebelah mata”, tidak seperti manajemen keuangan, pemasaran, dan produksi ?
Mengapa manajemen keuangan dipandang sangat stratejik di dalam perusahaan ? Karena manajemen keuangan sanggup memberikan berbagai INFORMASI STRATEJIK kepada CEO berkaitan dengan keputusan stratejik, dan semua informasi yang diberikan terukur dengan baik, dengan segala indikator keuangan, seperti ROI, ROE, dan sebagainya. Artinya, suara manajemen keuangan didengarkan oleh CEO karena ada informasi stratejik yang diberikan dan mempengaruhi keputusan stratejik perusahaan.
Lalu, mengapa manajemen pemasaran juga dipandang sangat stratejik di dalam perusahaan ? Karena manajemen pemasaran juga sanggup memberikan INFORMASI STRATEJIK kepada CEO berkaitan dengan keputusan stratejik, dan sama dengan manajemen keuangan, semua informasi yang diberikan pun terukur dengan baik, dengan segala indikator pemasaran, seperti market share, sales growth, dan sebagainya. Sama dengan manajemen keuangan, suara manajemen pemasaran juga didengarkan oleh CEO karena ada informasi stratejik yang diberikan dan mempengeruhi keputusan stratejik perusahaan.
Kemudian, mengapa manajemen produksi juga dipandang sangat stratejik di dalam perusahaan ? (terutama perusahaan manufaktur). Sama dengan manajemen keuangan dan pemasaran, manajemen produksi juga memberikan INFORMASI STRATEJIK seperti kapasitas produksi, tingkat produktivitas mesin, total quality management, dan sebagainya.
Jadi, manajemen keuangan, pemasaran, dan produksi, mampu memberikan INFORMASI STRATEJIK kepada CEO sebagai masukan untuk membuat keputusan stratejik. Semua informasi stratejik itu TERUKUR dengan jelas dengan segala indikator yang bisa diamati.
Bagaimana dengan manajemen SDM ? Di sinilah letak permasalahannya. Informasi stratejik apakah yang diberikan oleh manajemen SDM kepada CEO untuk membuat keputusan stratejik perusahaan ? Manajemen SDM sering bersembunyi di balik jargon “bahwa manajemen SDM itu kualitatif dan sulit diukur”. Padahal kita semua tahu bahwa, “we could not manage what could not measured”. Jadi kalau begitu, apa sih kontribusi utama dari manajemen SDM untuk perusahaan ?
Akhirnya manajemen SDM hanya memberikan informasi kepada CEO berupa jumlah dan konfigurasi karyawan, tingkat gaji, turn over, dan sebagainya, di mana informasi ini BUKAN informasi stratejik, dan tidak banyak manfaatnya untuk membuat keputusan stratejik perusahaan. Informasi seperti itu lebih kepada informasi teknis-operasional.
Jadi, persoalan utama dalam manajemen SDM saat ini adalah, “peran stratejik apakah, atau informasi
stratejik apakah yang bisa diberikan oleh manajemen SDM kepada CEO untuk masukan keputusan stratejik?”.
Dengan demikian, kita akhirnya berbicara mengenai key performance indicator yang stratejik untuk manajemen SDM. Inilah pe-er terbesar manajemen SDM saat ini, baik dari sisi teoritik maupun praktek di dunia bisnis / organisasi.
Sudah banyak pakar manajemen SDM yang mencoba mengembangkan key performance indicator untuk
manajemen SDM atau HR metrics ini, diantaranya pencetus konsep balanced scorecard, Robert Kaplan dan David Norton, lalu David Ulrich, Mark Huselid, dan Brian Becker dengan konsep HR Scorecard dan belakangan dikembangkan menjadi Workforce Scorecard. Juga ada Jac Fitz-enz yang mencoba mengembangkan berbagai alat ukur untuk manajemen SDM. Ada juga Kim S. Cameron dan Robert E. Quinn yang mengembangkan OCAI (organization culture assessment instrument) untuk mengukur budaya organisasi.
Memang, pengukuran ini akan menimbulkan perdebatan, di mana pihak yang kontra akan mengatakan, pengukuran akan mereduksi dan melakukan simplifikasi terhadap berbagai fenomena, di mana kalau kita berbicara tentang manusia, ada unsur yang tidak bisa dikuantitatifkan. Sedangkan pihak yang pro mengatakan bahwa, sekali lagi “we could not manage what could not measured”. Tanpa adanya KPI atau HR metrics maka manajemen SDM akan selamanya akan melayang di awan dan
tidak membumi, dan tidak memberikan informasi stratejik kepada para CEO.
Apa sajakah informasi stratejik yang diperlukan CEO berkaitan dengan manajemen SDM ?
Banyak … diantaranya (1) apakah kompetensi karyawan yang ada saat ini sanggup mengeksekusi strategic plan perusahaan ? seberapa besarkah kesenjangan atau gap-nya ? (2) sejauh manakah prinsip “the right person in the right place” diterapkan di perusahaan ? seberapa jauhkah kesenjangan atau gap job-person fit yang terjadi ? (3) apakah eselonisasi atau job grading yang dilakukan sekarang sudah menggambarkan azaz fairness ? artinya sudah berdasarkan job value setiap jabatan ? … dan banyak lagi yang lain, seperti budaya organsiasi, dan sebagainya …
Inilah pe-er besar manajemen SDM saat ini, baik pada tatanan teoritik maupun praktek di lapangan … Salam.

Definisi, Pengertian, Tugas & Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia / SDM - Ilmu Ekonomi Manajemen - Manajer MSDM

Definisi, Pengertian, Tugas & Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia / SDM - Ilmu Ekonomi Manajemen - Manajer MSDM
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.
Menurut A.F. Stoner manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Departemen Sumber Daya Manusia Memiliki Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab :
1. Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja / Preparation and selection
a. Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan / forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu, dan lain sebagainya.
Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya.
b. Rekrutmen tenaga kerja / Recruitment
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.
c. Seleksi tenaga kerja / Selection
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyak kandidat atau calon yang ada. Tahap awal yang perlu dilakukan setelah menerima berkas lamaran adalah melihat daftar riwayat hidup / cv / curriculum vittae milik pelamar. Kemudian dari cv pelamar dilakukan penyortiran antara pelamar yang akan dipanggil dengan yang gagal memenuhi standar suatu pekerjaan. Lalu berikutnya adalah memanggil kandidat terpilih untuk dilakukan ujian test tertulis, wawancara kerja / interview dan proses seleksi lainnya.
2. Pengembangan dan evaluasi karyawan / Development and evaluation
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.
3. Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection
kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu. Kompensasi atau imbalan yang diberikan bermacam-macam jenisnya yang telah diterangkan pada artikel lain pada situs organisasi.org ini.

PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA (PSDM)

A. PENGERTIAN PERENCANAAN SDM
Sumber daya manusia adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu, perilaku dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya.
Andrew E. Sikula (1981;145) mengemukakan bahwa:
“Perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya berinteraksi dengan rencana organisasi”.
George Milkovich dan Paul C. Nystrom (Dale Yoder, 1981:173) mendefinisikan bahwa:
“Perencanaan tenaga kerja adalah proses peramalan, pengembangan, pengimplementasian dan pengontrolan yang menjamin perusahaan mempunyai kesesuaian jumlah pegawai, penempatan pegawai secara benar, waktu yang tepat, yang secara otomatis lebih bermanfaat”.

Perencanaan SDM merupakan proses analisis dan identifikasi tersedianya kebutuhan akan sumber daya manusia sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuannya.
1. Kepentingan Perencanaan SDM
Ada tiga kepentingan dalam perencanaan sumber daya manusia (SDM), yaitu:
Kepentingan Individu.
Kepentingan Organisasi.
Kepentingan Nasional.
2. Komponen-komponen Perencanaan SDM
Terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam perencanaan SDM, yaitu:


Tujuan
Perencanaan SDM harus mempunyai tujuan yang berdasarkan kepentingan individu, organisasi dan kepentingan nasional. Tujuan perencanaan SDM adalah menghubungkan SDM yang ada untuk kebutuhan perusahaan pada masa yang akan datang untuk menghindari mismanajemen dan tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.
Perencanaan Organisasi
Perencanaan Organisasi merupakan aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengadakan perubahan yang positif bagi perkembangan organisasi. Peramalan SDM dipengaruhi secara drastis oleh tingkat produksi. Tingkat produksi dari perusahaan penyedia (suplier) maupun pesaing dapat juga berpengaruh. Meramalkan SDM, perlu memperhitungkan perubahan teknologi, kondisi permintaan dan penawaran, dan perencanaan karir.
Kesimpulannya, PSDM memberikan petunjuk masa depan, menentukan dimana tenaga kerja diperoleh, kapan tenaga kerja dibutuhkan, dan pelatihan dan pengembangan jenis apa yang harus dimiliki tenaga kerja. Melalui rencana suksesi, jenjang karier tenaga kerja dapat disesuaikan dengan kebutuhan perorangan yang konsisten dengan kebutuhan suatu organisasi.
Syarat – syarat perencanaan SDM
Harus mengetahui secara jelas masalah yang akan direncanakannya.
Harus mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang SDM.
Harus mempunyai pengalaman luas tentang job analysis, organisasi dan situasi persediaan SDM.
Harus mampu membaca situasi SDM masa kini dan masa mendatang.
Mampu memperkirakan peningkatan SDM dan teknologi masa depan.
Mengetahui secara luas peraturan dan kebijaksanaan perburuhan pemerintah.

3. Proses perencanaan SDM
Strategi SDM adalah alat yang digunakan untuk membantu organisasi untuk mengantisipasi dan mengatur penawaran dan permintaan SDM. Strategi SDM ini memberikan arah secara keseluruhan mengenai bagaimana kegiatan SDM akan dikembangkan dan dikelola.
Pengembangan rencana SDM merupakan rencana jangka panjang. Contohnya, dalam perencanaan SDM suatu organisasi harus mempertimbangkan alokasi orang-orang pada tugasnya untuk jangka panjang tidak hanya enam bulan kedepan atau hanya untuk tahun kedepan. Alokasi ini membutuhkan pengetahuan untuk dapat meramal kemungkinan apa yang akan terjadi kelak seperti perluasan, pengurangan pengoperasian, dan perubahan teknologi yang dapat mempengaruhi organisasi tersebut.
Prosedur perencanaan SDM
Menetapkan secara jelas kualitas dan kuantitas SDM yang dibutuhkan.
Mengumpulkan data dan informasi tentang SDM.
Mengelompokkan data dan informasi serta menganalisisnya.
Menetapkan beberapa alternative.
Memilih yang terbaik dari alternative yang ada menjadi rencana.
Menginformasikan rencana kepada para karyawan untuk direalisasikan.
Metode PSDM ,dikenal atas metode nonilmiah dan metode ilmiah. Metode nonilmiah diartikan bahwa perencanaan SDM hanya didasarkan atas pengalaman, imajinasi, dan perkiraan-perkiraan dari perencanaanya saja. Rencana SDM semacam ini risikonya cukup besar, misalnya kualitas dan kuantitas tenaga kerja tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Akibatnya timbul mismanajemen dan pemborosan yang merugikan perusahaan.
Metode ilmiah diartikan bahwa PSDM dilakukan berdasarkan atas hasil analisis dari data, informasi, dan peramalan (forecasting) dari perencananya. Rencana SDM semacam ini risikonya relative kecil karena segala sesuatunya telah diperhitungkan terlebih dahulu.

4. Pengevaluasian Rencana SDM
Jika perencanaan SDM dilakukan dengan baik, akan diperoleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
Manajemen puncak memiliki pandangan yang lebih baik terhadap dimensi SDM atau terhadap keputusan-keputusan bisnisnya.
Biaya SDM menjadi lebih kecil karena manajemen dapat mengantisipasi ketidakseimbangan sebelum terjadi hal-hal yang dibayangkan sebelumnya yang lebih besar biayanya.
Tersedianya lebih banyak waktu untuk menempatkan yang berbakat karena kebutuhan dapat diantisipasi dan diketahui sebelum jumlah tenaga kerja yang sebenarnya dibutuhkan.
Adanya kesempatan yang lebih baik untuk melibatkan wanita dan golongan minoritas didalam rencana masa yang akan datang.
Pengembangan para manajer dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Kendala-kendala PSDM
1. Standar kemampuan SDM
Standar kemampuan SDM yang pasti belum ada, akibatnya informasi kemampuan SDM hanya berdasarkan ramalan-ramalan (prediksi) saja yang sifatnya subjektif. Hal ini menjadi kendala yang serius dalam PSDM untuk menghitung potensi SDM secara pasti.
2. Manusia (SDM) Mahluk Hidup
Manusia sebagai mahluk hidup tidak dapat dikuasai sepenuhnya seperti mesin. Hal ini menjadi kendala PSDM, karena itu sulit memperhitungkan segala sesuatunya dalam rencana. Misalnya, ia mampu tapi kurang mau melepaskan kemampuannya.
3. Situasi SDM
Persediaan, mutu, dan penyebaran penduduk yang kurang mendukung kebutuhan SDM perusahaan. Hal ini menjadi kendala proses PSDM yang baik dan benar.

4. Kebijaksanaan Perburuhan Pemerintah
Kebijaksanaan perburuhan pemerintah, seperti kompensasi, jenis kelamin, WNA, dan kendala lain dalam PSDM untuk membuat rencana yang baik dan tepat.

B. PERAMALAN
Peramalan (forecasting) menggunakan informasi masa lalu dan saat ini untuk mengidentifikasi kondisi masa depan yang diharapkan. Proyeksi untuk masa yang akan datang tentu saja ada unsur ketidaktepatan. Basanya orang yang berpengalaman mampu meramal cukup akurat terhadap benefit organisasi dalam rencana jangka panjang.
Pendekatan-pendekatan untuk meramal SDM dapat dimulai dari perkiraan terbaik dari para manajer sampai pada simulasi komputer yang rumit. Asumsi yang sederhana mungkin cukup untuk jarak tertentu, tetapi jarak yang rumit akan diperlukan untuk yang lain.
Jangka waktu peramalan
Peramalan SDM harus dilakukan melalui tiga tahap: perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang.
Peramalan terhadap kebutuhan SDM (permintaan)
Penekanan utama dari peramalan SDM saat ini adalah meramalkan kebutuhan SDM organisasi atau permintaan kebutuhan akan SDM. Ramalan permintaan dapat berupa penilaian subjektif atau matematis.
Metode meramalkan permintaan, yaitu:
1. Metode penilaian terdiri dari:
a. Estimasi dapat top down atau bottom up, tetapi pada dasarnya yang berkepentingan ditanya “Berapa orang yang akan anda butuhkan tahun depan?”
b. Rules of thumb mempercayakan pedoman umum diterapkan pada situasi khusus dalam organisasi . Contoh; pedoman “one operations managers per five reporting supervisors” membantu dan meramalkan jumlah supervisor yang dibutuhkan dalam suatu divisi. Bagaimanapun, hal ini penting untuk menyesuaikan pedoman untuk mengetahui kebutuhan departemen yang sangat bervariasi.
Teknik Delphi menggunakan input dari kelompok pakar. Opini pakar dicari dengan menggunakan kuesioner terpisah dalam situasi diramalkan. Opini pakar kemudian digabungkan dan dikembalikan kepada para pakar untuk opini tanpa nama yang kedua. Proses ini akana berlangsung beberapa pakar hingga pakar pada umumnya asetuju pada satu penilaian. Sebagai contoh, pendekatan ini telah digunakan untuk meramalakan pengaruh teknologi pada Manajemen SDM dan kebutuhan perekrutan staff.
Teknik kelompok Nominal, tidak seperti Delphi, membutuhkan pakar untuk bertemu secara langsung. Gagasan mereka biasanya timbul secara bebas pada saat pertama kali, didiskusikan sebagai kelompok dan kemudian disusun senagai laporan.
2. Metode Matematika, terdiri dari:
a. Analisis Regresi Statistik membuat perbandingan statistik dari hubungan masa lampau diantara berbagai faktor. Sebagai contoh, hubungan secara statistik antara penjualan kotor dan jumlah karyawan dalam rantai retail mungkin berguna dalam meramalkan sejumlah karyawan yang akan dibutuhkan jika penjualan retail meningkat 30 %.
b. Meode Simulasi merupakan gambaran situasi nyata dalam bentuk abstrak sebagai contoh, model ekonometri meramalkan pertumbuhan dalam pemakaian software akan mengarahkan dalam meramalkan kebutuhan pengembangan software.
c. Rasio Produktivitas menghitung rata-rata jumlah unit yang diproduksi perkaryawan. Rata-rata ini diaplikasikan untuk ramalan penjualan untuk menentukan jumlah karyawan yang dibutuhkan, sebagai contoh, suatu perusahaan dapat meramalkan jumlah penjualan representative menggunakan rasio ini.
d. Rasio jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dapat digunakan untuk meramalkan tenaga kerja tak langsung. Sebagai contoh, jika perusahaan biasanya menggunakan satu orang klerikal untuk 25 tenaga kerja produksi, yang rasio dapat digunakan untuk membantu estimasi untuk tenaga klerikal.

C. ESTIMASI PERSEDIAAN/SUPPLY SDM INTERNAL DAN EKSTERNAL
Kalau sudah ada proyeksi permintaan HR dimasa yang akan datang, masalah berikutnya adalah bagaimana mengisi kebutuhan tersebut.
Ada dua sumber persediaan SDM : internal dan eksternal. Persediaan/supply internal bisa berasal dari karyawan yang telah ada yang dapat dipromosikan, ditransfer, atau didemosi untuk mengisi lowongan. Supply eksternal berasal dari luar atau mereka yang tidak sedang bekerja di organisasi tersebut dan siap direkrut oleh organisasi/perusahaan.
1. PENILAIAN INTERNAL TERHADAP KETENAGAKERJAAN ORGANISASI
Bagian dari perencanaan sumber daya manusia adalah menganalisis pekerjaan yang perlu dilakukan dan keahlian yang terdapat pada seseorang untuk melakukan suatu tugas. Kebutuhan organisasi harus di bandingkan dengan penyediaan tenaga kerja yang ada.
Tidak hanya sekedar menghitung jumlah karyawan. Harus dilakukan audit tenaga kerja yang sudah ada untuk mengetahui kemampuan pekerja yang ada.
Informasi ini menjadi dasar estimasi tentatif mengenai lowongan-lowongan yang dapat diisi oleh karyawan yang ada.
Penugasan tentatif ini biasanya dicatat di”Replacement Chart”. Chart ini merupakan representasi visual menyangkut SIAPA yang akan menggantikan SIAPA jika terjadi pergantian. Namun karena informasinya yang terbatas maka perlu juga dilengkapi dengan “Replacement Summaries”.
Mempertimbangkan karyawan-karyawan yang sudah ada untuk lowongan di masa yang akan datang adalah penting jika karyawan diproyeksikan memiliki karir yang panjang.
Audit and Replacement Chart juga penting bagi HRD. Dengan pengetahuan akan karyawan yang lebih banyak, HRD dapat merencanakan recruiting, training, dan career planning secara lebih efektif.
Pengetahuan ini juga dapat membantu HRD untuk memenuhi AAP dengan mengidentifikasi calon-calon minoritas interen untuk lowongan-lowongan tertentu.
Berikut adalah pertanyaan yang di berikan selama penilaian internal:
1. Pekerjaan apa yang ada pada saat ini ?
2. Berapa banyak orang yang mengerjakan setiap tugas ?
3. Apa hubungan laporan di antara tugas-tugas tersebut ?
4. Berapa pentingnya masing-masing tugas tersebut ?
5. Pekerjaan manakah yang membutuhkan penerapan strategi organisasi ?
6. Apa saja karakteristik dari pekerjaan yang di harapkan ?

Metode-metode yang digunakan untuk mengestimasi/menilai supply SDM internal yaitu:
1.1. Auditing Pekerjaan dan Keahlian
Tahap permulaan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan yang ada didalam suatu perusahaan adalah mengaudit pekerjaan yang sedang dilakukan organisasi pada saat ini. Penilaian internal ini menolong menempatkan kedudukan suatu organisasi dalam mengembangkan atau memantapkan keunggulan kompetitif. Analisis yang komprehensif dari semua pekerjaan saat ini memberikan dasar untuk mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan pada masa yang akan datang.
Audit SDM merupakan tindak lanjut dari realisasi perencanaan-perencanaan yang telah dilakukan.
Kepentingan audit bagi perusahaan
Untuk mengetahui prestasi karyawan.
Untuk mengetahui besarnya kompensasi karyawan yang bersangkutan.
Untuk mengetahui kreativitas dan perilaku karyawan.
Untuk menetapkan apakah karyawan perlu dimutasi (vertical-horizontal) dan atau diberhentikan.
Untuk mengetahui apakah karyawan itu dapat bekerja sama dengan karyawan lainya.

Kepentingan audit bagi SDM
Untuk memenuhi kepuasan ego manusia yang selalu ingin diperhatikan dan mendapat nilai/pujian dari hasil kerjanya.
Karyawan ingin mangetahui apakah prestasi kerjanya lebih baik dari pada karyawan lainya.
Untuk kepentingan jasa dan promosinya.
Mengakrabkan hubungan para karyawan dengan pimpinannya
Tujuan audit SDM
Untuk mengetahui apakah pelaksanaan dan hasil kerja karyawan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Untuk mengetahui apakah semua karyawan dapat menyelesaikan job description-nya dengan baik dan tepat waktu.
Sebagai pedoman menentukan besarnya balas jasa kepada setiap karyawan.
Sebagai dasar pertimbangan pemberian pujian dan atau hukuman kepada setiap karyawan.
Sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan mutasi vertical (promosi atau demosi), horizontal, dan atau alih tugas bagi karyawan.
Untuk memotivasi peningkatan semangat kerja, prestasi kerja, dan kedisiplian karyawan.

1.2. Inventarisasi Kemampuan Organisasi
Sumber dasar dari data tenaga kerja adalah data Sumber Daya Manusia pada organisasi. Perencana dapat menggunakan inventarisasi ini untuk menentukan kebutuhan jangka panjang untuk perekrutan, penyeleksian dan pengembangan sumber daya manusia. Juga informasi tersebut dapat menjadi dasar untuk menentukan kemampuan tambahan yang diperlukan tenaga kerja masa mendatang yang mungkin belum diperlukan pada saat ini



Komponen Inventarisasi Kemampuan Organisasi sering kali terdiri dari:
a. Demografi tenaga kerja secara individu ( umur, masa kerja di organisasi, masa kerja pada jenis tugas yang sekarang).
Kemajuan karier secara individu penanggung tugas, waktu yang diperlukan untuk setiap jenis tugas, promosi atau perbahan ke tugas lain, tingkat upah).
Data kinerja secara individu ( penyerlesaian pekerjaan, perkembangan pada keahliannya)
Ketiga informasi diatas dapat diperluas meliputi:
Pendidikan dan pelatihan
Mobilitas dan letak geografis yang diinginkan
Bakat, kemampuan dan keinginan yang spesifik
Bidang yang diminati dan tingkat promosi didalam perusahaan
Tingkat kemampuan untuk promosi
Pensiun yang diharapkan

Informasi yang telah diperoleh dari hasil Audit SDM dan inventarisasi kemampuan organisasi SDM diatas lalu dikonversikan ke dalam:
· Sistem Informasi SDM (SISDM)
SISDM adalah sistem integrasi yang dirancang untuk menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan SDM.
1. Tujuan SISDM
Meningkatkan efisiensi data tenaga kerja dimana SDM dikumpulkan
Lebih Strategis dan berhubungan dengan perencanaan SDM.
2. Kegunaan SISDM
SISDM mempunyai banyak kegunaan dalam suatu organisasi. Yang paling dasar adalah otomatisasi dari pembayaran upah dan kegaiatan benefit. Dengan SISDM , pencatatan waktu tenaga kerja dimasukan kedalam system, dan dimodifikasi disesuaikan pada setiap individual. Kegunaan umum yang lain dari SISDM adalah kesetaraan kesempatan bekerja.

Untuk merancang SISDM yang efektif, para ahli menyarankan untuk menilainya dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai data yang akan diperlukan seperti:
1. Informasi apa yang tersedia, dan informasi apa yang dibutuhkan tentang orang-orang dalam organisasi?
2. Untuk tujuan apa informasi tersebut akan diberikan?
3. Pada format yang bagaimana seharusnya output untuk penyesuaian dengan data perusahaan lain?
4. Siapa yang membutuhkan informasi
5. Kapan dan seberapa seringnya informasi dibutuhkan?
· Succesion Planning
Merupakan proses HR planner dan operating managers gunakan untuk mengkonversi informasi mengenai karyawan-karyawan yang ada sekarang kedalam keputusan-keputusan menyangkut “internal job placements” dimasa yang akan datang.

2. ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
Analisis lingkungan merupakan proses penelitian terhadap lingkungan organisasi untuk menentukan kesempatan atau ancaman. Hasil analisis akan mempengaruhi rencana SDM karena setiap organisasi akan masuk pada pasar tenaga kerja yang sama yang memasok, juga perusahaan lain.
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pasokan tenaga kerja antara lain:
Pengaruh pemerintah
Kondisi perekonomian
Masalah kependudukan dan persaingan
komposisi tenaga kerja dan pola kerja

D. SEBAB-SEBAB PERMINTAAN SDM
1. Faktor internal sebagai sebab permintaan SDM
Faktor internal adalah kondisi persiapan dan kesiapan SDM sebuah organisasi/perusahaan dalam melakukan operasional bisnis pada masa sekarang dan untuk mengantisipasi perkembangannya dimasa depan. Dengan kata lain faktor internal adalah alasan permintaan SDM, yang bersumber dari kekurangan SDM didalam organisasi/perusahaan yang melaksanakan bisnisnya, yang menyebabkan diperlukan penambahan jumlah SDM. Alasan ini terdiri dari:
Faktor Rencana Strategik dan rencana operasional
Faktor prediksi produk dan penjualan
Faktor pembiayaan (cost) SDM
Faktor pembukaan bisnis baru (pengembangan bisnis)
Faktor desain Organisasi dan Desain Pekerjaan
Faktor keterbukaan dan keikutsertaan manajer
2. Faktor eksternal sebagai sebab permintaan SDM
Faktor eksternal adalah kondisi lingkungan bisnis yang berada diluar kendali perusahaan yang berpengaruh pada rencana strategic dan rencana operasional, sehingga langsung atau tidak langsung berpengaruh pada perencanaan SDM. Faktor eksternal tersebut pada dasarnya dapat dikategorikan sebagai sebab atau alasan permintaan SDM dilingkungan sebuah organisasi/perusahaan. Sebab atau alasan terdiri dari:
Faktor Ekonomi Nasional dan Internasional (Global)
Faktor Sosial, Politik dan Hukum
Faktor Teknologi
Faktor Pasar Tenaga Kerja dan Pesaing
3. Faktor Ketenagakerjaan
Faktor ini adalah kondisi tenaga kerja (SDM) yang dimiliki perusahaan sekarang dan prediksinya dimasa depan yang berpengaruh pada permintaan tenaga kerja baru. Kondisi tersebut dapat diketahui dari hasil audit SDM dan Sistem Informasi SDM (SISDM) sebagai bagian dari Sistem Informasi manajemen (SIM) sebuah organisasi/perusahaan. Beberapa dari faktor ini adalah:
a. Jumlah, waktu dan kualifikasi SDM yang pensiun, yang harus dimasukan dalam prediksi kebutuhan SDM sebagai pekerjaan/jabatan kosong yang harus dicari penggantinya.
Prediksi jumlah dan kualifikasi SDM yang akan berhenti/keluar dan PHK sesuai dengan Kesepakatan Kerja Bersama(KKB) atau kontrak kerja, yang harud diprediksi calon penggantinya untuk mengisi kekosongan pada waktu yang tepat, baik yang bersumber internal maupun eksternal.
Prediksi yang meninggal dunia

Pada akhirnya dari seluruh penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa PSDM sangat penting untuk dilakukan karena memungkinkan HRD menempatkan Staf yang tepat pada saat yang tepat.